Minggu, 13 Februari 2011

Tips Menghadapi Kecemasan Saat Ujian Nasional

Cemas menghadapi UN 2011? Ok daripada cemas khan mending membuat bangga ortu dengan belajar yang rajin agar sukses UN SMP. Tirulah adik-adik kita di SD dengan UASBN-nya, duh mereka kok tenang sekali dan senang, mereka sangat pengen UASBN SD / MTs. Nah agar kalian lebih tenang dan yakin lagi silakan juga simak Bank Soal Lengkap UN SMP / MTs yang dilengkapi dengan teorinya yang sesuai dengan Kisi-kisi Ujian Nasional 2011. Selamat berlatih Prediksi Soal UN SMP 2011 dan semoga kalian sukses!
Sejumlah siswa mengaku ketakutan dan tertekan menghadapi soal-soal UN yang sulit sehingga tidak bisa lulus. Mengingat standar kelulusan masih dianggap memberatkan sebagian siswa.
Kegiatan istighosah bersama perlu dilakukan agar para siswa bisa mengadapi ujian dengan tenang. Selain itu, pihak sekolah berharap agar para siswa tidak khawatir dan optimis bisa lulus ujian nantinya.
Nah agar kalian tidak cemas dalam UN, inilah sebagian kiat-kiatnya :
Kecemasan adalah hal yang amat wajar dirasakan oleh setiap manusia. Setiap orang pasti pernah merasakan kecemasan. Apalagi ketika sedang menghadapi ujian. Demikian halnya dengan para siswa/siswi SMA, SMP maupun SD. Kecemasan yang mereka rasakan adalah salah satu bentuk emosi yang berkenaan dengan adanya rasa terancam oleh sesuatu.
Jika bentuk kecemasan yang mereka rasakan dengan intensitas yang wajar maka akan berdampak positif yaitu dapat memotivasi mereka untuk lebih giat belajar, tetapi apabila intensitasnya sangat kuat dan bersifat negatif justru malah akan menimbulkan kerugian bahkan mengganggu keadaan fisik dan psikis individu yang bersangkutan misalnya membuat mereka stress dan malas belajar.
Karena kecemasan merupakan proses psikis yang sifatnya tidak tampak ke permukaan maka untuk menentukan apakah mereka mengalami kecemasan atau tidak, kita perlu melihat simptom atau gejala-gejalanya apa saja yang timbul, beserta faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kecemasan tersebut. Faktor kecemasan ini bisa disebabkan oleh kondisi dan situasi tes saat itu meskipun materi pelajaran yang akan diujikan telah dikuasai. Selain itu juga bisa disebabkan karena waktu yang terbatas, tingkat kesulitan materi ujian, instruksi tes, bentuk pertanyaan dan hal-hal teknis lainnya. Kecemasan ini juga akan semakin meningkat melihat banyaknya para siswa dan siswi yang tidak lulus dalam ujian nasional. Disini penulis memberikan tips mengenai bagaimana menghadapi kecemasan saat ujian nasional.

Tips Menghadapi Kecemasan Saat Ujian Nasional
Hadapilah ujian dengan tenang dan santai. Dengan sikap yang tenang dan santai, kita akan mudah menjalaninya. Kita akan lebih mudah menyusun strategi yang tepat, lebih mudah konsentrasi dalam membaca dan menjawab soal sehingga hasilnya pun memuaskan. Oleh karena itu janganlah menganggap ujian nasional tersebut sebagai suatu beban melainkan sebuah tantangan.
Percaya pada diri sendiri adalah salah satu kunci sukses menghadapi kecemasan saat ujian nasional. Hal ini penting karena kita sendiri yang menjalani ujian tersebut. Meskipun terkadang banyak godaan seperti menyontek, meminta jawaban bahkan membeli jawaban UN, hal itu belum menjadi menjamin kita untuk lulus. Bisa saja jawaban yang kita terima belum tentu benar. Atau mungkin kita ketahuan menyontek oleh pengawas sehingga lembar jawaban kita diambil. Oleh karena itu percayalah pada diri sendiri karena kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam ujian tersebut. Yakinlah bahwa setiap kerja keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan.
Buatlah sebuah rencana dan strategi yang tepat. Ibarat igin berperang di medan pertempuran, pastinya perlu strategi yang jitu untuk melawan musuh. Sama halnya ketika menghadapi ujian nasional ini. Kita perlu strategi serta rencana yang tepat. Dengan mengumpulkan soal-soal UN dari tahun-tahun sebelumnya, melihat soal apa yang sering diujikan membeli buku-buku soal, mengikuti try out, diskusi dengan guru, mengikuti bimbingan, kita berharap strategi itu berhasil. Karena seseorang yang memiliki strategi dan rencana yang tepat tidak perlu cemas menghadapi ujian nasional.
Perbanyaklah baca dan latihan soal. Seperti kata pepatah ala bisa karena biasa. Sama halnya ketika menghadapi soal-soal ujian nasional. Dengan kita sering berlatih mengerjakan soal-soal UN maka kita semakin terbiasa sehingga kita tidak perlu cemas dalam menghadapinya. Oleh karena itu perbanyaklah baca dan latihan soal secara terus menerus agar kita mengetahui perkembangan soal apa saja yang sering diujikan. Selain itu juga dengan sering berlatih mengerjakan soal-soal maka kita akan semakin cepat mengerjakan soal-soal yang ada.
Belajar kelompok. Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang bisa dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain. Belajar kelompok ini penting mengingat kemampuan seseorang yang berbeda-beda. Ada yang pintar matematika, pintar menghapal dan lain sebagainya. Misalnya kita tidak mengerti pada satu topik. Sewaktu belajar kelompok, kita bisa minta bantuan teman yang lain. Selain juga kita bisa sama-sama memecahkan soal-soal yang sulit, saling berbagi informasi mengenai UN, bahkan memotivasi teman untuk belajar. Oleh karena itu perlu adanya kerja sama satu sama lain. Mohon doa restu dari orang tua. Apapun bentuk perjuangan yang kita lakukan mohon restulah pada orang tua agar kita diberi kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi ujian nasional.
Karena orang tualah yang telah mendukung dan membiayai pendidikan kita selama ini. Tanpa mereka kita tidak mungkin sampai pada tahap ini. Oleh karena itu sepantasnyalah kita dapat memberikan persembahan yang terbaik pada mereka. Dengan kita lulus ujian nasional maka orang tua kita akan merasa senang dan bangga.
Ok daripada cemas khan mending membuat bangga ortu dengan belajar yang rajin agar sukses UN SMP. Tirulah adik-adik kita di SD dengan UASBN-nya, duh mereka kok tenang sekali dan senang, mereka sangat pengen UASBN SD / MTs. Nah agar kalian lebih tenang dan yakin lagi silakan juga simak latihan-latihan UN SMP / MTs yang dilengkapi dengan pembahasan dan juga teorinya yang sesuai dengan Kisi-kisi Ujian Nasional 2011. Selamat berlatih dan semoga kalian sukses!

Sumber: ujiannasional.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar